Rabu, 13 April 2011

Sejarah Singkat PT Indosat


Sejarah Singkat PT. Indosat CJDRO, Tbk

PT. Indosat Tbk didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Penanaman Modal Asing yang menyediakan layanan Telekomunikasi Internasional Indonesia. PT Indosat Tbk sebelumnya bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk, yang merupakan perusahaan penyelenggara jalur telekomunikasi di Indonesia. Indosat adalah perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler ( Mentari, Matrix, IM3, dan StarOne).
Pada tahun 1980, pemerintah Indonesia membeli semua saham Indosat, sehingga saat itu PT. Indosat, Tbk menjadi Badan Usaha Milik Bersama (BUMN).
Pada tahun 1994 perusahaan mulai go public yang ditandai dengan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES) dan sekaligus mendaftarkan di New York Stock Exchange.
PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) didirikan pada tahun 1993 di bawah pengawasan PT Indosat. Mulai beroperasi pada tahun 1994 sebagai operator GSM. Pendirian Satelindo sebagai anak perusahaan Indosat menjadikan ia sebagai operator GSM pertama di Indonesia.
Pada tahun 2001 PT. Indosat, Tbk mendirikan PT. Indosat Multi Media Mobile (IM3) dan diikuti dengan mengakuisisi seluruh saham PT. Satelit Palapa Indonesia (SATELINDO) di tahun 2002. Kemudian dilanjutkan dengan menjadikan Indosat group sebagai penyelenggara operator phone selular terbesar kedua di Indonesia
Pada akhir tahun 2002, pemerintah Indonesia menjual 41,94% saham Indosat kepada Singapore Technologies Telemedia Pte, Ltd. Kemudian Indosat manjadi Perusahaan Telekomunikasi Terbatas (PT. Indosat, Tbk) dan menjadi perusahaan Penanaman Modal Asing yang menawarkan pelayanan secara lengkap, jaringan terintegrasi, serta layanan solusi teknologi informasi dan komunikasi.
Pada tanggal 20 November 2003 dilakukan penandatanganan kesepakatan merger penggabungan Satelindo, Indosat Multi Media Mobile (IM3) dan Bima Graha ke dalam PT. Indosat, Tbk. Hal ini diikuti dengan munculnya PT. Indosat, Tbk sebagai perusahaan yang fokus pada seluler dengan sinyal (jaringan) kuat atau Full Network Service Provider (FNSP). Dengan menggabungkan perusahaan seluler, telekomunikasi fixed dan layanan MIDI-nya menjadi sebuah perusahaan tunggal. PT. Indosat, Tbk memposisikan dirinya menjadi penyedia layanan telekomunikasi dengan rentang produk yang luas di Indonesia.
Seiring berjalannya program di atas, diikuti oleh program transformasi menyeluruh yang dimulai pada tahun 2004. transformasi ini meliputi bidang sumber daya manusia, teknologi, budaya dan nilai-nilai perusahaan. Upaya ini mulai menunjukkan perolehan hasil yang menggembirakan, dengan keberhasilan perusahaan perseroan mencatat perolehan pendapatan melampaui 10 triliun Rupiah dan peningkatan margin pada tahun ke-10 sebagai perusahaan publik.
Saat ini PT. Indosat, Tbk sudah membuka cabang di 5 region office yaitu Sumatera Regional Office, Jabotabek dan Banten Regional Office, Bali Nusa & Sulampapua Regional Office, East Java & Kalimantan Regional Office dan West & Central Java Regional Office.

2. Fasilitas dan Keunggulan PT. Indosat CJDRO, Tbk

VISI, MISI dan IDENTITAS KORPORAT INDOSAT

Visi

Menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu berfokus selular/nirkabel yang terkemuka di Indonesia.

Misi

1) Menyediakan dan mengembangkan produk, layanan dan solusi yang inovatif dan berkualitas untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
2) Meningkatkan shareholder value (nilai pemegang saham) secara terus menerus
3) Mewujudkan kualitas kehidupan stakeholder (Pihak yang berkepentingan) yang lebih baik.

Identitas Korporat


Gambar 3.1 ( Logo Indosat )
Identitas korporat baru Indosat terdiri dari kombinasi teks ‘indosat’ dengan simbol ‘techno flower’ yang mencerminkan teknologi yang tinggi, bersahabat, serta dinamis dan modern.
Teks ‘indosat’ didesain secara khusus menggunakan huruf kecil yang melambangkan kekuatan korporasi yang kokoh dan kestabilan perusahaan.
Simbol ‘techno flower’ tercipta dari gabungan tiga elips yang mencerminkan usaha dan fokus bisnis Indosat saat, ini yaitu di Indonesia, dalam bidang teknologi dan pelayanan bagi masyarakat, serta pentingnya kerja sama yang kokoh di antara ketiga elemen tersebut.Tiga elips membentuk techno flower masing-masing mencerminkan komunikasi (kuning), teknologi (biru) dan masyarakat Indonesia (merah). Rangkaian elips ini membentuk permata di tengah mencerminkan layanan terbaik dan berkualitas yang senantiasa diberikan oleh Indosat kepada masyarakat Indonesia.

Galeri Indosat Cabang Semarang
Ibu kota Jawa Tengah ini memiliki 11 kabupaten dan berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa. Bagi Indosat, cabang Semarang yang membawahi Reps. Salatiga, Kendal, Kudus dan Blora adalah yang terbesar di Jawa Tengah dengan konstribusi mencapai 900.000 pelanggan.
Terkenal sebagai kota pesisir, para wisatawan maupun pendatang dapat mampir ke kota tua untuk melihat bangunan khas beraksitektur Belanda yang hingga saat ini masih dilestarikan seperti Gereja Blenduk, Gedung Marabunta dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan bangunan tua yang mengandung banyak misteri seperti Lawang Sewu.
Penganan khas Semarang yang dapat dijadikan oleh-oleh cukup beragam antara lain Bandeng Presto, Lumpia Semarang, Wingko Babat dan masih banyak lagi dan dapat dibeli dengan mudah di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran. berseberangan dengan Gedung Indosat Regional Office, Jalan Pandanaran no.18 Semarang.

3. PRODUK DAN JASA

Produk Kartu Perdana PT. Indosat dibagi menjadi dua yaitu kartu prepaid (prabayar) dan kartu postpaid (paskabayar).
a. Produk kartu prepaid (prabayar)
1)

Mentari
Produk kartu prabayar Indosat dengan nomor awal 0815, 0816 dan 0858 memiliki fitur dan fasilitas lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Mentari hadir dengan jangkauan nasional, gratis roaming nasional, satu tarif telepon ke semua operator (program mentari sakti). Mentari lengkap, melengkapi hidup anda.

2)

Indosat Multi Media Mobile (IM3)
Kartu GSM IM3 merupakan kartu prabayar dari Indosat dengan nomor awal 0856 dan 0857 yang memberikan kenyamanan dan kecepatan untuk bergabung dalam komunitas GSM multimedia. Kartu IM3 memberikan semua fitur canggih kepada pelanggannya seperti GPRS, MMS, M3-Access, transfer pulsa, conference call, call divert dan banyak lagi. IM3, No Limits.

3)

StarOne
Layanan telekomunikasi suara dan data nirkabel dengan teknologi Fixed Wireless Access CDMA 2000.1X adalah kombinasi layanan telepon tetap dan bergerak dengan suara jernih serta memberikan layanan komunikasi untuk semua orang. StarOne, Telepon Untuk Semua.



4)
Produk kartu pospaid (paskabayar)
Matrix
Layanan GSM pasca bayar Indosat dengan nomor awal 0815, 0816 dan 0855 yang memberikan kebebasan bagi anda untuk memilih. Matrix memberikan sambungan yang lebih cepat, jangkauan yang lebih luas hingga ke manca negara dan kualitas suara yang jernih. Dengan kapasitas kartu sim yang lebih besar dan menu browser yang canggih, Matrix memberikan kebebasan bagi anda (The Freedom To Be You).

Produk Lain
1) Indosat Broadband 3.5G
Indosat adalah pelopor berbagai layanan broadband di Indonesia dengan nama Indosat Broadband 3.5G. layanan ini luar biasa cepatnya, hingga 3.6 Mbps. Kecepatan itu akan bertambah sembilan kali lipat jika 3.5G tersebut ditambahkan dengan Indosat Accelerator. Indosat Accelerator berfungsi mengompres file sebelum dikirim, sehingga ukuran file yang dikirim bisa menjadi lebih kecil. Indosat adalah perusahaan pertama yang memberikan layanan Accelerator untuk 3.5G di Asia.

2) Blackberry
BlackBerry Enterprise Solution adalah suatu solusi mobile office yang aman, lengkap dan terintegrasi. BlackBerry memberikan fitur yang lengkap, seperti wireless email, global address look up, wireless calendar synchronisation, mobile data service dan lain-lain. Melalui teknologi push mail, pelanggan dapat mengakses email tanpa perlu melakukan dial-up terlebih dahulu.

3) Indosat IDD 001
Sambungan Langsung Internasional (SLI) yang mampu memberikan koneksi ke lebih dari 250 tujuan negara. INDOSAT SLI 001 merupakan produk SLI premium yang dapat diakses langsung oleh pelanggan telepon melalui nomor akses 001.

4) Indosat IDD 008
Merupakan layanan Sambungan Langsung Internasional (SLI) yang ekonomis diperuntukkan bagi keseluruhan masyarakat. INDOSAT SLI 008 merupakan produk SLI yang dapat diakses langsung oleh pelanggan telepon melalui nomor akses 008.

5) Indosat FlatCall 016
Indosat FlatCall 016 adalah layanan telepon internasional dengan satu tarif ke negara manapun dan apapun. Melalui layanan ini, Indosat menyediakan layanan akses internasional kepada pelanggan dengan tarif terjangkau tanpa biaya airtime. Untuk menikmati layanan ini, cukup menjadi pelanggan Mentari, Matrix, IM3 atau Star One.

6) Indosat M2
Indosat Mega Media (IndosatM2) sebuah jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, beroperasi secara penuh sejak tahun 2000 untuk membangun dan menerapkan jasa dan produk berbasis IP, internet dan multimedia di Indonesia. IndosatM2 melayani empat segmen pelanggan: korporasi (besar, menengah, dan kecil), pemerintah, institusi, residensial dan perorangan. Layanan korporasi dan institusi meliputi jaringan Virtual Private Network (VPN), sambungan langsung ke backbone internet internasional, serta penyedia layanan multimedia

Selama tiga tahun terakhir, skema program terintegrasi tersebut telah memungkinkan Indosat melipatgandakan jumlah pelanggan seluler secara signifikan dari 3,1 juta menjadi 14,5 juta pelanggan, dan memantapkan posisi Indosat sebagai penyedia layanan jaringan telekomunikasi dan layanan terpadu di Indonesia. Bergulirnya otonomi daerah telah memicu dinamika usaha dan pengembangan berbagai potensi daerah. Indosat memfasilitasinya dengan pengembangan usaha ke setiap wilayah cakupan layanan untuk mendorong tumbuh kembang masyarakat. Disisi lain, Indosat mewujudkan komitmen sosial dengan melaksanakan program pembinaan maupun memberikan sumbangsih di bidang pendidikan dan kepedulian terhadap sesama, untuk kesejahteraan masyarakat.
Dengan komitmen investasi Indosat sekitar 900 juta dollar Amerika di tahun 2006, jaringan Indosat telah mencakup sekitar 85% dari seluruh penduduk dan mengoperasikan lebih dari 6000 BTS agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik.
3) STRUKTUR ORGANISASI

Tugas dan tanggung jawab
1) Head of Central Java Region
a. Menetapkan prosedur kegiatan perusahaan di tiap-tiap manajer untuk mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan.
b. Menetapkan tujuan dari tiap-tiap manajer yang ada.
c. Mengawasi dan mengkoordinir kegiatan-kegiatan dari manajer secara periodik dan pertanggungjawabannya.
d. Mengadakan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian karyawan beserta gajinya.
e. Menetapkan kebijakan operasional perusahaan untuk jangka pendek.
f. Sebagai pimpinan dari PT. Indosat Central Java DIY Regional Office

2) Head of Semarang Branch
a. Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan usaha yang ada di kantor cabang, kantor perwakilan galeri Indosat di wilayah Semarang, Kudus, Salatiga, Ungaran dan Blora.
b. Merencanakan kegiatan-kegiatan cabang.
c. Mewakili perusahaan apabila ada hal yang perlu dikerjakan di luar perusahaan.
d. Merencanakan dan mengevaluasi kinerja penjualan produk perusahaan serta memberikan tindak lanjutnya.
3) Div. Technical Operation
a. Bertanggung jawab terhadap kesiapan fasilitas dan kualitas jaringan, serta perluasan BTS di area Jateng dan DIY.
b. Menyusun program dan mengatur, melaksanakan di bidang Pengendalian Mutu dan Sistem Prosedur dalam pelayanan jasa telekomunikasi.
c. Melakukan perencanaan, penyiapan dan pengembangan sistem jaringan.
d. Melakukan pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian mutu jaringan.

4) Div. Finance (Treasury, accounting, Budgeting & Revenue Assurance)
a. Mengetahui dan memberikan persetujuan terhadap pembayaran seluruh kebutuhan perusahaan, gaji maupun sarana prasarana.
b. Mengetahui perkembangan keuangan perusahaan (hutang dan kekayaan)
c. Membuat neraca keuangan perusahaan.
d. Melakukan pembayaran gaji karyawan.
e. Mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada mengenai bagian keuangan.


5) Div. Marketing & Sales Support (Marketing Research & Analysis, VAS Sales Management, Product & Solution Support, Channel management, Retention)
Adalah divisi yang merancang program-progam khusus dalam rangka meningkatkan penjualan serta mengembangkan citra perusahaan di mata masyarakat. Adapun tugas dan tanggung jawab dari Div. Marketing & Sales Support, adalah:
a. Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan promosi yang berkenaan dengan produk-produk yang dijual perusahaan.
b. Memantau penempatan produk (display) di setiap outlet untuk menghasilkan tingkat penjualan yang optimal.
c. Mengembangkan program-program penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan nama baik produk.
d. Mengevaluasi dan membuat laporan pencapaian penjualan.
e. Membangun dan mengembangkan serta menjaga kerahasiaan databese pelanggan di seluruh Indonesia.

6) Div. Business Operation Support
a. Melakukan follow up langsung kepada customer
b. Mencari customer baru
c. Memaintenance costumer yang sudah ada.
d. Mengundang calon customer untuk datang ke Seminar dan Training.

7) Specialist Risk Management & Business Process
a. Mengidentifikasi, menilai, memonitor dan mengelola resiko yang mungkin dihadapi perusahaan.
b. Membuat tingkat kritis dari resiko yang terukur dan tercatat serta merencanakan pengurangannya.
8) Human Resource Development
a. Bertanggung jawab terhadap absensi seluruh karyawan, selanjutnya diserahkan kepada bagian accounting – finance untuk keperluan upah tenaga harian – borongan.
b. Bertanggung jawab dipenuhinya tata tertib perusahaan, melakukan pencatatan sekaligus teguran terhadap pelanggarannya.
c. Melakukan koordinasi dengan dinas instansi lain yang erat kaitannya dengan aktivitas perusahaan.
d. Melayani kunjungan tamu-tamu perusahaan sebelum dipertemukan dengan pimpinan.
e. Mengurusi kontrak kerja, registrasi, menerbitkan sertifikat dan asuransi perusahaan.

9) Internal Audit
a. Mengevaluasi, menilai dan menganalisa kegiatan seluruh divisi.
b. Melaporkan hasil temuan secara langsung kepada Head of.
c. Melakukan validasi atas evaluasi potensi resiko dan melakukan koordinasi rencana serta kegiatan audit dengan komite audit.
d. Melakukan audit regular dan current audit terhadap seluruh divisi.

10) Direct Sales (Matrix)
a. Melakukan penjualan sim card Matrix secara langsung kepada customer baik corporate maupun individu.
b. Melakukan pameran untuk suatu program
c. Mengevaluasi dan membuat laporan pencapaian penjualan.

11) Indirect Sales (Mentari dan IM3)
a. Channel Management
• Mendistribusikan material promo ke seluruh outlet dan dealer di wilayah cabang Semarang.
• Melakukan kontrol penjualan sim card Mentari dan IM3 di setiap outlet.
• Maintenance outlet untuk menjadi outlet yang loyal kepada PT. Indosat.
• Menjalin hubungan dengan instansi dan masyarakat umum terutama para pelanggan produk perusahaan.
b. Dealership
• Menjalin hubungan dan kerjasama dengan dealer-dealer resmi PT. Indosat.
• Melakukan kontrol penjualan semua produk Indosat di setiap dealer resmi.
• Merencanakan pembukaan atas dealer baru di wilayah tertentu yang jauh dari jangkauan dealer yang sudah ada.

12) Marketing Communication
a. Melakukan promosi atas produk-produk perusahaan, termasuk di dalamnya voucher yang ditawarkan perusahaan.
b. Melakukan join promo dengan perusahaan-perusahaan/ instansi dan umum
c. Membuat event untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan.
d. Membuat dan mendistribusikan merchandise produk-produk Indosat ke bagian lain.

13) Customer Service
a. Melakukan pelayanan dan pemeliharaan terhadap pelanggan Indosat.
b. Menerima pembayaran atas tagihan pasca bayar produk perusahaan dan membukukannya.
c. Melakukan penjualan kartu pra bayar dan voucher produk PT. Indosat, Tbk

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Pelajar Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice